Rabu, 23 Februari 2011

Bagian III Perawatan Aquascape

Setelah aquascape selesai dirancangkan pada aquarium. Tahap selanjutnya yang paling penting adalah bagaimana merawat aquascape tersebut sampai dihasilkan ekosistem yang seimbang.


Tahap I: Biasanya algae mulai tumbuh karena bakteri aerob (bakteri untuk proses nitrifikasi) belum dapat berkolonisasi secara penuh di dalam media filter maupun di bagian dasar media tanam. Hal ini mengakibatkan: kelebihan nutrisi yang belum dapat dipakai secara maksimal oleh tanaman. Karena munculnya algae tersebut, ada beberapa solusi yang dapat kita lakukan:
1. Menggunakan pasukan pemakan algae alami: udang red cherry, udang Amano, keong turbo, Ottocinclus afinis.
2. Membuang algae secara manual
3. Bantu bersihkan algae yang tersisa dengan menyedot menggunakan selang bersamaan ketika membuang air
4. Mengganti air secara rutin sebanyak 30 - 50% setiap 2 - 3 hari

Jika ditangani dengan benar, algae akan hilang dengan sendirinya. Hal ini lah yang menjadi pertimbangan saat menanam awal aquascape. Usahakan tanam sepadat mungkin pada tahap awal aquascape dengan tanaman yang tumbuh cepat dan rakus nutrisi (seperti: Hygrophila sp., Ceratophyllum demersum, Egeria densa, Green Cabomba) untuk membantu menyerap kelebihan nutrisi.

Pasukan pemakan algae dapat dimasukkan kira-kira setelah 2 - 3 hari aquascape selesai dibuat atau ketika air mulai jernih. Masukkan sekitar 40e udang red cherry setiap 50liter volume aquascape, nanti mereka akan berkembang biak sendiri. Lalu 1 - 2 hari kemudian bisa masukkan 2 - 3 ekor Ottocinclus per 100liter volume aquascape. Setelah 1 minggu, tanaman telah beradaptasi dengan lingkungan dan mulai berfotosintesis dengan baik.

Tahap II: Setelah beberapa minggu, tanaman air akan menumbuhkan daun baru dan melepaskan daun lama yang sudah mati. Segera buang daun mati tersebut, bersama dengan kulit udang, dan material lain yang sudah mati. Inti dari minggu kedua ini :
1. membuat partikel2 yang telah mati
2. membersihkan algae
3. penggantian air

Setelah tanaman tumbuh lebat dan ketika ekosistem aquarium telah terbentuk, maka permasalahan partikel mati bukan lah hal yang perlu dikhawatirkan. pada tahap ini, materi organik sudah dapat dicycle menjadi nutrients. Untuk mencapai tahap ini biasanya dibutuhkan 2 - 3 bulan. Sebelum sampai tahap ini, segala material yang telah mati wajib dibersihkan. Algae yang masih tersisa harus terus dibersihkan sebanyak mungkin.

Tahap III: Sambil menunggu ekosistem aquarium terbentuk, aquascape sudah dapat diisikan ikan, tentunya tidak langsung memasukkan puluhan ikan secara bersamaan. Tetapi masukkan secara bertahap.. Sedikit demi sedikit dengan jarak beberapa hari..

Pada tahap III yang harus dilakukan adalah :
1. trimming, memotong daun atau batang tanaman yang sudah terlalu rimbun atau terlalu tinggi kira2 1/2 dari tinggi tanaman tersebut.. Untuk tanaman bukan tipe batang, potong daun yang tua saja.
2. bersihkan algae
3. penggantian air

Tahap IV: setelah ikan mulai masuk, saatnya untuk menyesuaikan co2, cahaya, dan pupuk cair yang masuk. Tiga hal ini harus seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Yang ini agak sulit dijelaskan, karena pertimbangannya berdasarkan feeling. Yang pasti, kalau tanaman tumbuh subur, ikan sehat selama berminggu2 tanpa melakukan perubahan co2, pupuk cair, dan cahaya : setting aquascape Anda telah OK. pertahankanlah kondisi itu.

Untuk aqua 200L dengan tanaman low light dan easy maintenance seperti junglescape saya, berikut adalah pertimbangannya :
lampu 0.75 W/L
CO2 2 bubble per second
pupuk cair tiap 1 minggu sekali sesuai dosis anjuran produk pupuk cair khusus aquascape yang digunakan.

3 komentar:

  1. Mas bro..
    untuk aquascape perlu undergravel gk di paling dasar, sebelum pupuk dasar dan substrate ?
    mohon pencerahan Mas..

    BalasHapus
  2. Mas, kalo BBA yang bisa basmi apaan yah? bandel bgt ni alga.

    BalasHapus
  3. @Dementia klo masalah Black Algae sekarang ada obat nya bro.. Brand yg mengeluarkan obat pembasmi algae yaitu "Borneo Wild".. Ane sebagai orang yg sering menangani maintanance aquascape kantor, rumah, toko, rm, dll selalu pke pembasmi algae merk ini.. Misal : klo bro Dementia pake obat anti algae ini hari senin secara rutin per hari nya, maka hari kamis dah hilang black algae nya bro..

    Semoga Menginspirasi

    BalasHapus